Search

Jumat, 02 Mei 2014

Tips berkebun Tomat (Chung) dalam Polybag

Bagi teman -teman yang punya hobby berkebun...saya coba berbagi pengalaman / tips menanam tomat chung dalam polybag.....Saya memanfaatkan lahan kecil dibelakang rumah untuk berkebun karna sebagai orang desa seperti saya, sudah terbiasa "cuci mata" dengan yang ijo-ijo,hehehe....berkebun meskipun skala kecil bagi saya banyak manfaatnya  pertama, stock sayur organik bagi keluarga tersedia.....,kedua,  menghilangkan stress apalagi klo liat tanaman yang kita tanam berkembang dengan baik dan menghasilkan...bahagianya....

Tomat merupakan salah satu sayuran yang populer ditanam di pekarangan rumah dan dapat berbuah sepanjang tahun. Jika tidak memiliki pekarangan, tidak perlu khawatir karena anda bisa menanam tomat di polybag. Salah satu jenis tomat yang populer dan sering ditanam di polybag adalah tomat chung. Berikut tips menanam tomat chung di polybag:


1. Untuk media tanam pada polybag saya mencampurkan sekam, tanah dan pupuk kandang (Kotoran Ayam)

2. Taruh polybag tanaman tomat chung dilokasi yang terkena cahaya matahari langsung namun terlindung dari angin kencang karna angin kencang dapat merusak dan merontokkan daun, mematahkan batang, menghancurkan bunga dan merontokkan buah. 

3. Beri Ajir  di sekitar tanaman tomat yang masih muda dan tinggi buat menunjang agar batang tomat tidak roboh/rebah. 

4. Siram tanaman tomat chung setiap kali tanah terlihat mulai mengering. Tuangkan air di atas tanah hingga mengalir keluar dari bagian bawah dan samping polybag. Saya biasa menyiram tanaman dengan campuran air dan kotoran ayam sebagai nutrisi tanah.

5, Beri pupuk yang larut dalam air 7-10 hari sekali setelah tanaman ditempatkan di dalam polybag sampai berbunga dan berbuah. Campur 2 sdm (10 ml) untuk 1 liter air (tergantung pupuk yang digunakan).
Pupuk disemprotkan pada tanah dan batang serta daun pada masa pertumbuhan dan pada saat berbunga dan berbuah disemprot ke bunga dan buahnya.

 Tanaman tomat chung dalam polybag yang saya tanam sudah mulai berbunga..

 

Ok..Begitulah tips yang dapat saya berikan...akan saya update lagi foto tomatnya kalau sudah berbuah....dan simak tips-tips berkebun lainnya pada posting selanjutnya...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar